Zika Diteliti Untuk Atasi Kanker Otak

Meski kasus Zika mulai mereda, penelitian terhadap virus Zika masih berlangsung. Kini para ilmuwan di Inggris berencana memanfaatkan virus Zika untuk mencoba membunuh sel tumor otak. Ini merupakan eksperimen baru untuk melawan jenis kanker yang agresif.

Seperti dikutip situs reuters.com (18/5/2017), penelitian ini akan berfokus pada glioblastoma, bentuk paling umum dari kanker otak, yang memiliki peluang hidup lima tahun hampir 5 persen. Glioblastoma merupakan sel-sel kanker mirip dengan otak yang sedang berkembang.

Menurut ketua penelitinya, Harry Bulstrode di Universitas Cambridge, Inggris, virus tersebut dapat digunakan untuk menargetkannya saat menyelamatkan jaringan otak orang dewasa normal. Mereka akan menggunakan sel tumor di laboratorium dan tikus untuk menilai potensi Zika.

Virus yang dibawa nyamuk telah menyebar ke lebih dari 60 negara dan wilayah dalam wabah global yang pertama kali diidentifikasi di Brasil pada tahun 2015.

“Infeksi virus Zika pada bayi dan anak-anak merupakan perhatian kesehatan global utama, dan fokusnya adalah untuk menemukan lebih banyak tentang virus tersebut untuk menemukan pengobatan baru,” kata Bulstrode dalam sebuah pernyataan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *