Virus Penyebab Leukemia Anak

Virus Penyebab Leukemia Anak
Virus Penyebab Leukemia Anak

Ini peringatan buat orang tua yang ingin punya anak. Jangan sampai si ibu terpapar oleh virus herpes dari jenis sitomegalo (CMV). Ini karena virus itu bisa membuat anak yang lahir nanti terkena leukemia, sejenis kanker darah.

Peringatan tersebut disampaikan Profesor Stephen Francis, epidemiolog pada Univesitas California, Amerika Serikat. “CMV biasanya menyebabkan cacat lahir dan gangguan pendengaran saat lahir. Tapi bukti terbaru menunjukkan CMV bisa membuat si anak menderita leukemia,” ujarnya dalam situs medicalnewstdoay.com (20/12/2016).

Dalam studi yang dimuat Jurnal Blood bulan ini, ia dan rekan-rekannya memeriksa darah 127 anak didiagnosis dengan leukemia limfoblastik (ALL) dan di 38 anak didiagnosis dengan jenis lain dari leukemia – leukemia myeloid akut (AML). Leukemia adalah penyakit darah dimana produksi sel darah putih berlebihan secara abnormal dalam kondisi belum matang.

Dengam metode tertentu, para peneliti menyaring darah-darah pasien yang mengandung virus dan bakteri. Mereka menemukan jejak genetik dari CMV pada sel darah putih yang abnormal. Selain itu mereka juga menjumpai partikel virus secara utuh dalam sampel darah pada anak-anak ALL. Pada darah pasien AML ditemukan juga virus tadi, tetapi jumlahnya sangat sedikit.

Kemudian, para peneliti menggunakan layar tetesan digital ultra-sensitif untuk menguji CMV dalam sampel darah yang baru lahir dari 268 anak-anak diduga bakal mengembangkan ALL dan AML. Mereka juga menguji sampel darah bayi yang baru lahir dari 270 anak-anak yang sehat.

Dari hasil pemeriksaan itu, Francis mendapati bahwa anak-anak yang mengembangkan ALL, mempunyai kemungkinan 3,71 kali memiliki darah yang positif CMV saat lahir.

Kemungkinan itu yang lebih tinggi pada anak-anak Hispanik, yaitu seebsar 5,9 kali pada anak yang lahir positif CMV. Para peneliti menganggap temuan ini penting karena orang Hispanik memiliki risiko tertinggi mengembangkan ALL.

Peneliti berharap bahwa temuan tersebut akan memacu penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hasil mereka. Jika benar CMV menyebabkan ALL, maka hasil ini dapat mengarah pada pengembangan vaksin untuk CMV, sehingga dapat mencegah penularan dari ibu ke anak.

ALL adalah kanker paling umum pada anak-anak. Biasanya berkembang antara usia 2-6 tahun dan memburuk dengan cepat jika tidak diobati.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*