Vaksin Dengue: DBD Hilang, Zika Mewabah
Berita

Vaksin Dengue: DBD Hilang, Zika Mewabah

Keberadaan vaksin Dengue semestinya disambut gembira karena bisa mencegah penularan demam Dengue atau demam berdarah Dengue (DBD). Tetapi tidak demikian oleh peneliti York Unievrsity bersama Xian Jiaotong University Cina. Menurut mereka, vaksin itu justru bisa membuat nyamuk Aedes Aegypti berkeliaran, lantaran masyarakat menganggap biasa dan terlindungi oleh vaksin Dengue.

Peneliti tersebut menunjukkan kekawatirannya lewat penelitian yang memakai model matematis. Pihaknya mengembangkan model matematika baru untuk mengetahui pengaruh vaksinasi demam berdarah pada wabah Zika.

Model tim menunjukkan bahwa vaksinasi Demam Dengue justru meningkatkan jumlah orang tertular Zika. Hal ini juga menunjukkan bahwa lebih banyak orang dalam populasi tertentu yang divaksinasi terhadap demam berdarah sebelumnya, bakal terkena wabah Zika. “Bukti terbaru menunjukkan bahwa antibodi virus Dengue dapat meningkatkan infeksi virus Zika,” sambung Wu.

Penelitian ini juga menemukan bahwa cara yang paling efektif untuk meminimalkan efek yang tidak diinginkan dari vaksinasi demam berdarah pada wabah Zika adalah melalui strategi terpadu yang mencakup pengendalian nyamuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *