Tomat Atasi dan Cegah Kanker Perut

Tomat, selain kaya akan vitamin A, ia juga dikenal memiliki sifat anti-kanker. Prof. Antonio Giordano, direktur Institut Sbarro untuk Laboratorium Molekuler di Temple University di Philadelphia, Amerika Serikat, menemukan bukti, najwa tomat bisa mencegah kanker lambung.

Hasil studinya dilaporkan di Journal of Cellular Physiology, terbaru. para peneliti menguji efek ekstrak keseluruhan dari tomat San Marzano dan Corbarino pada sel kanker perut.

Mereka menemukan bahwa setiap ekstrak tomat, tidak hanya menghentikan pertumbuhan sel kanker lambung, namun juga mengganggu migrasi sel – di mana sel kanker mulai bergerak menjauh dari tumor primer untuk menyerang jaringan sekitarnya – dan gilirannya mematikan sel kanker.

Selanjutnya, para peneliti menemukan bahwa efek anti kanker dari ekstrak tomat tidak sampai ke satu senyawa tertentu. “Efek anti-tumoral mereka tampaknya tidak terkait dengan komponen tertentu, seperti lycopene. Namun, tomat dipertimbangkan secara keseluruhan,” kata rekan peneliti Daniela Barone, dari Pusat Penelitian Onkologi Mercogliano di Italia.

Menurut para peneliti, temuan mereka menunjukkan bahwa keseluruhan ekstrak tomat mungkin bermanfaat untuk pencegahan dan pengobatan kanker perut. Jika terbukti secara klinis bisa membantu penyembuhan dan pencegahan kanker perut. Menurut American Cancer Society, sekitar 28.000 kasus kanker perut yang didiagnosis di AS tahun ini.

Kanker perut juga disebut kanker lambung. Kanker ini paling sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua; Sekitar 60 persen orang dewasa yang didiagnosis menderita penyakit ini berusia 65 atau lebih tua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *