Toksoplasma Bisa Menyebabkan Skizofrenia Juga Lho
Tips

Toksoplasma Bisa Menyebabkan Skizofrenia Juga Lho

Banyak orangmemelihara kucing atau hewan peliharaan lain. Tidak sedikit pula yang memeliharanya dalam jumlah banyak. Mereka tak kawatir atau kurang mengetahui bahaya kuman toksoplasma. Padahal toksoplasma bisa membuat janin lahir cacat.

Tak hanya itu. Bukti terbaru yang disiarkan situs sciencedaily.com,belum lama berselang, toksoplasma juga bisa mengakibatkan skizofrenia, sejenis penyakit jiwa atau dikenal awam sebagai penyakit gila. Penyakit ini ditandai oleh halusinasi dan delusi.

Peneliti melakukan studi banding antara orang yang normal dan yang terkena skizofrenia. Hasil riset pustaka terhadap 180 pasien skizofrenia menyebutkan bahwa 7% dari mereka mempunyai toksoplasma.

Persentase ini lebih banyak ketimbang 5% dari 532 orang sehat yang punya kuman tersebut di tubuhnya. “Orang yang terinfeksi toksoplasma, berpotensi kena skizofrenia,” ujar Dokter Robert Yolken, neurovirolog pada Johns Hopkins Children’s Center, Amerika Serikat. Parasit itu ditengarai merangsang gen-gen yang menyimpang yang terkait dengan kelainan perilaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *