Teknologi Baterei Mobil Makin Maju
Teknologi

Teknologi Baterei Mobil Makin Maju

Peneliti University of Waterloo, Amerika Serikat,  berhasil mengembangkan batere yang bisa tahan lama dan bermanfaat untuk mobil listrik. Itu terungkap dari studinya yang dimuat dalam situs scitechdaily.com (30/12/2017).

Terobosan ini melibatkan penggunaan elektroda negatif yang terbuat dari logam litium, bahan yang berpotensi meningkatkan kapasitas penyimpanan baterai secara dramatis.

Dengan meningkatnya kapasitas penyimpanan, atau kepadatan energi, bisa mendongkrak jarak kendaraan listrik yang mampu melakukan perjalanan dengan sekali charge, dari sekitar 200 kilometer menjadi 600 kilometer.

“Ini berarti baterai murah dan aman yang tahan lama yang memberi jarak jauh pada kendaraan listrik mereka,” kata Quanquan Pang, yang memimpin penelitian tersebut saat dia menjadi kandidat PhD di Waterloo kala itu. Kini Pang sudah bergelar PhD dan menjadi dosen Massachusetts Institute of Technology .

Dalam menciptakan teknologinya, Pang dan rekan peneliti, termasuk atasan Linda Nazar, seorang profesor kimia dan teknik kimia di Waterloo, terlebih dahulu harus mengatasi dua tantangan.

Tantangan pertama melibatkan risiko kebakaran dan ledakan yang disebabkan oleh perubahan struktural mikroskopis pada logam lithium selama siklus pengisian ulang muatan berulang.

Tantangan  kedua melibatkan reaksi yang menciptakan korosi dan membatasi seberapa baik elektroda bekerja dan berapa lama mereka bertahan.

Peneliti memecahkan kedua masalah tersebut dengan menambahkan senyawa kimia yang terbuat dari unsur fosfor dan sulfur ke cairan elektrolit yang membawa muatan listrik di dalam baterai.

Senyawa tersebut bereaksi dengan elektroda logam lithium dalam baterai yang sudah terpasang untuk secara spontan melapisinya dengan lapisan pelindung yang sangat tipis. “Kami menginginkan cara sederhana dan terukur untuk melindungi logam lithium,” kata Pang.

Pendekatan baru ini membuka jalan bagi baterai kendaraan listrik yang menikmati keunggulan elektroda logam lithium – kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan karena itu jarak mengemudi yang lebih besar – tanpa terdiri dari keselamatan atau pengurangan umur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *