Teh Bisa Mengatasi Kepikunan
Obat Herbal

Teh Bisa Mengatasi Kepikunan

Teh dikenal sebagai tanaman yang banyak berkhasiat bagi kesehatan. Selain menyehatkan jantung, teh – seperti teh hijau – juga dapat mengusir kanker. Penelitian terbaru, teh bisa mengatasi penyakit pikun alias demensia.

Studi terbaru yang dipimpin Profesor Feng Lei dari Departemen Psikologi Kedokteran, Yong Loo Lin School of Medicine, National University of Singapore ( NUS) membuktikannya.

Studi longitudinal yang melibatkan 957 warga China yang berusia 55 tahun lebih tua telah menemukan bahwa konsumsi teh secara rutin dapat menurunkan risiko penurunan kognitif pada orang tua seebsar 50 persen.

Peneliti juga melihat APOE — pembawa gen E4 yang secara genetik berisiko mengembangkan penyakit Alzheimer – ikut terpengaruh. Sehingga dengan minum teh, bisa mengalami pengurangan risiko penurunan kognitif sebanyak 86 persen.

Peran teh tadi tidak dibedakan jenisnya, seperti hijau, hitam atau oolong tea. Yang penting teh tersebut diseduh. “Meskipun studi ini dilakukan pada lansia Cina, hasil bisa berlaku untuk ras lain juga,” ujar Lei seperti dikutip situs sciencedaily.com (16/3/2017).

Lei menambahkan, itu semua karena ada senyawa aktif dalam daun teh, seperti katekin, theaflavin, thearubigins dan L-theanine. Senyawa ini menunjukkan anti-inflamasi dan antioksidan potensial dan lainnya bioaktif sifat yang dapat melindungi otak dari kerusakan pembuluh darah dan neurodegeneration.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *