Stevia Bisa Atasi Diabetes
Obat Herbal

Stevia Bisa Atasi Diabetes

Peneliti dari Inggris dan Belgia telah menemukan bahwa tanaman stevia tang kerap dipakai sebagai pengganti gula rendah kalori (sweetener) mengaktifkan protein yang disebut TRPM5, yang berhubungan dengan persepsi rasa. Protein ini juga berperan dalam pelepasan hormon insulin setelah makan.

Peneliti studi Koenraad Philippaert dari Departemen Seluler dan Molekuler Kedokteran di KU Leuven, Belgia, dan rekan mengatakan bahwa temuan mereka bisa membuka pintu untuk pengobatan baru untuk diabetes tipe 2. Hasil studi mereka dimuat dalam Jurnal Nature Communications, yang dikutip situs medicalnewstoday.com (16/4/2017).

Dalam percobaan di laboratorium, Philippaert mengultur sel stevia. Disitu, para peneliti menemukan bahwa stevia mengaktifkan TRPM5, yang merupakan protein penting bagi persepsi manis, rasa pahit, dan umami.

“Sensasi rasa dibuat lebih kuat dengan steviol komponen stevia, yang merangsang TRPM5. Hal ini menjelaskan rasa sangat manis stevia serta aftertaste pahit,” catatan Philippaert.

Stevia adalah sekitar 200 hingga 400 kali lebih manis dari gula meja, dan sering digunakan sebagai pengganti gula dalam diet soda, permen, yogurt, makanan penutup, dan makanan dan minuman lainnya. TRPM5 diduga bertanggung jawab untuk rasa manis, sekresi insulin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *