Sisi Negatif Berbadan Pendek

Punya badan pendek tentu tidak mengenakkan. Seringkali dijadikan bahan bully orang lain atau teman sekerja atau kuliah. Sehingga tdiak heran banyak orang pendek sering minder.

ternyata kejelekan tubuh pendek bukan cuma itu. Menurut riset yang digelar peneliti Denmark, orang pendek juga rentan penyakit. Sebab mereka merasa kualitas kesehatan mereka lebih buruk daripada mereka yang memiliki tinggi normal.

Kategori tinggi normal untuk pria minimal 162 cm, sedangkan wanita 151 cm. “Ini masalah baru yang menghambat orang pendek, setelah masalah pendidikan, kesempatan kerja dan hubungan sosial,” ujar Dokter Torsten Christensen, ketua tim peneliti, beberapa waktu lalu.

Ia berani bicara itu setelah memelajari 14.000 responden pada survei yang pernah digelar Health Survey for England, pada 2003. Hasilnya, orang yang bisa menambahkan 7 cm pada laki-laki dan 6 cm pada wanita bisa meningkatkan kualitas kesehatannya sebanyak 6,1%.

Sedangkan yang tak bisa ditingkatkan akamn menderita penyakit, seperti penyakit jantung.   “Orang yang tinggi normal mendapat asupan nutrisi lebih baik, juga cara pencegahan penyaki tyang lebih bagus,” kata Profesor Gary Butler, ahli penyakit anak-anak pada Universitas Reading.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *