Siapa Bilang Harapan Hidup Pasien Kanker Kecil?

Banyak keluarga pasien dan pasien sering patah semangat begitu mendapat dirinya terkena kanker. Yang terbayang di kepalanya, penyakit itu mematikan dan tak bisa disembuhkan. Harapan hidupnya tidak lama, meski pasien sudah menjalani berbagai pengobatan. Padahal tidak semua begitu.

Ronald A Hukom, ahli penyakit kanker pada Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan bahwa ada beberapa kanker yang memiliki harapan hidup lebih lama sehingga bisa dikatakan sembuh. Ia mengambil contoh kanker testis, tingkat harapan hidupnya selama 10 tahun mencapai 98%. Kemudian melanoma ganas (89%), prostat (84%).

Sedangkan yang memiliki harapan hidup selama 10 tahun adalah kanker pankreas (1%), kanker paru (5%) dan kanker esofagus (12%). “Rata-rata harapan hidup pasien kanker untuk 10 tahun adalah 50%,” ujarnya.

Tingginya harapan hidup bisa terjadi bila pasien datang ketika kankernya masih stadium awal. Kankernya belum banyak menyebar. Kemudian si pasien menjalani langkah pencegahan dan deteksi dini. “Masalahnya, kesadaran mereka masih rendah,” imbuhnya. Selain itu tenaga dokter yang kompeten dalam menangani kanker masih rendah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *