Rutin Konsumsi Yogurt Cegah Keropos Tulang

Ini saran buat wanita dan pria lanjut usia. Jika ingin terbebas dari risiko osteoporosis, konumsi secara rutin yogurt merupakan langkah terbaik. Ini berdasarkan studi yang dilakukan Trinity College Dublin, Irlandia,

Dalam studi yang dimuat situs sciencedaily.com (10/5/2017), ia dan koleganya melakukan studi yang melibatkan 1.057 wanita dan 763 pria. Mereka menjalani penilaian kepadatan mineral-tulang (BMD) dengan densitometeri. Sedangkan sisanya hanya berdasarkan penilaian fisik.

Informasi konsumsi yoghurt diperoleh dengan memberikan kuesioner dengan berbagai pilihan: tidak pernah, 2-3 kali per minggu dan lebih dari satu porsi per hari. Faktor lain yang diteliti meliputi asupan harian produk susu, daging, ikan, merokok dan alkohol serta faktor risiko tradisional lainnya yang mempengaruhi kesehatan tulang.

Untuk menentukan faktor risiko didiagnosis sebagai osteoporosis, tim peneliti menganalisis berbagai faktor seperti BMI, fungsi ginjal, aktivitas fisik, porsi susu atau keju, dan suplemen kalsium atau vitamin D serta faktor risiko tradisional untuk kesehatan tulang. (Misalnya merokok, tidak aktif, alkohol, dll.).

Setelah disesuaikan dengan semua faktor ini, setiap unit peningkatan asupan yogurt pada wanita dikaitkan dengan risiko osteopenia 31% lebih rendah dan risiko osteoporosis 39% lebih rendah. Pada pria, 52% risiko osteoporosis lebih rendah ditemukan. Suplemen vitamin D juga dikaitkan dengan penurunan risiko yang signifikan baik pada pria maupun wanita.

Walhasil, pengukuran kepadatan mineral tulang leher dan femur total femur pada wanita adalah 3,1-3,9% lebih tinggi di antara mereka dengan asupan yogurt tertinggi. Sedangkan pada pria, biomarker kerusakan tulang 9,5% lebih rendah pada mereka dengan asupan yogurt tertinggi dibandingkan dengan yang terendah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *