“Rokok” Made In Cina

Rokok selama ini dinggap benda yang yang berbahaya bagi kesehatan. Ini karena mengandung nikotin dan zat karsinogen yang dapat menimbulkan kanker. Namun tidak semua rokok memiliki kandungan zat berbahaya yang sama tinggi kadarnya. Menurut Profesor Stanton A. Glantz dari Department of Medicine and Cardiovascular Research Institute, University of California, San Fransisco, Amerika Serikat. “Masyarakat perlu tahu bahwa rokok herbal dari Cina tidak membawa banyak zat karsinogen,” ujarnya dalam situs sciencedaily.com, beberapa waktu lalu.

Glantz mengatakan begitu setelah meneliti 135 orang yang mengisap rokok Cina dan membandingkannya dengan 143 perokok biasa. Lalu mereka diteliti urinnya dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada mereka.

Hasil pemeriksaan urin menunjukkan semua rokok, baik yang herbal dan biasa, mengandung zat-zat yang kurang lebih sama. Yang membedakan adalah levelnya. Kadar nikotin di dalam “rokok herbal” lebih rendah. “Kadar zat karsinogen berkaitan dengan kandungan nikotin. Makin banyak nikotin yang masuk, makin banyak kadar karsinogen,” ujarnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *