Risiko Terkena Penyakit Jantung Dipengaruhi Lamanya Menyusui

Lamanya waktu menyususi rupanya mempengaruhi risiko wanita itu untuk terkena penyakit jantung. Itu berdasarkan riset terbaru yang digarap Zhengming Chen, dari Universitas Oxford, Inggris.

Menurut Chen, sebagaimana dilaporkan situs reuters.com (21/6/2017), wanita yang melaporkan menyusui memiliki risiko bakal punya masalah jantung lebih kecil 9 persen ketimbang ibu yang tidak pernah pernah memberikan ASI. Kemudian risiko terkena stroken juga lebih rendah 8 persen daripada ibu-ibu yangtidak menyusui. “Studi ini menunjukkan bahwa hal itu mengurangi risiko ibu mengembangkan penyakit kardiovaskular,” katanya.

Untuk studi baru ini, Chen dan rekannya menganalisis data tentang 289.573 wanita yang direkrut antara tahun 2004 dan 2008. Mereka berusia 30-79 tahun. Responden itu tinggal di 10 daerah perkotaan dan pedesaan di Cina.

Mereka diminta mengikuti riset selama sekitar delapan tahun. Relawan itu diminta memberikan informasi tentang riwayat kesehatan dan menyusui mereka. Periset juga mengumpulkan data tentang mereka dari pendaftar penyakit, kematian dan asuransi untuk mengetahui apakah mereka memiliki kejadian yang berkaitan dengan jantung.

Selama sekitar delapan tahun, para peneliti menemukan hampir 50.000 kasus penyakit kardiovaskular, yang mencakup 23.983 stroke dan 16.671 kasus penyakit jantung koroner. Hasilnya seperti yang disebutkan di atas.

Tapi, Chen mengatakan kepada Reuters Health, penelitian tersebut tidak membuktikan hubungan langsung atau kausal antara tidak menyusui dan kesehatan kardiovaskular yang buruk.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *