Rajin Konsumsi Brokoli, Paru Bisa Sehat

 

Brokoli yang biasa kita makan ternyata memberikan banyak manfaat. Dalam riset yang digelar oleh peneliti Johns Hopkins School of Medicine, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu, brokoli memberikan perlindungan terhadap paru-paru.

Salah satu penyakit yang dicegah adalah penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK). Menurut si peneliti, brokoli mengandung sulforapane. Senyawa ini ternyata meningkatkan aktivitas gen NRF2 di dalam sel paru-paru manusia.

NRS2 merupakan gen yang bertanggung jawab untuk menyalakan beberapa mekanisme untuk menghilangkan racun dan polutan yang dapat merusak sel-sel.

Peningkatan aktivitas NRF2 bisa melindungi sel tubuh dari racun. PPOK adalah penyakit paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. PPOK membunuh sekitar 30.000 warga Inggris dalam setahun. Hasil studinya dimuat dalam American Journal of Respiratory Critical Care Medicine.

“Studi masa depan harus menargetkan NRF2 sebagai strategi baru untuk meningkatkan perlindungan antioksidan di paru-paru dan menguji kemampuannya untuk meningkatkan fungsi paru-paru pada orang dengan COPD,” kata pemimpin studi Dr Shyam Biswal, seperti dikutip situs bbc.uk, belum lama ini.

Menanggapi studi Biswal dan koleganya, seorang juru bicara untuk British Lung Foundation mengatakan bahwa temuan itu merupakan studi penting bagi 3 juta penderita PPOK di Inggris.


“Kita tahu brokoli secara alami mengandung senyawa penting. Namun, studi yang dikerjakan sejauh ini terjadi dalam tabung laboratorium,” ujarnya. “Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan jika Anda dapat menghasilkan efek yang sama pada manusia.”

Sebelumnya, sulforapane sudah dikenal sebagai zat yang dalam mencegah kerusakan pembuluh darah akibat diabetes. Selain itu brokoli juga melindungi jantung dan sel otak dari serangan jantung dan stroke.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *