Puskesmas Harus Ditingkatkan Kualitas Pelayanannya

Puskesmas Harus Ditingkatkan Kualitas Pelayanannya
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Rachmat Latief, meminta kepada setiap puskesmas di wilayahnya perlu melakukan upaya dalam penyediaan dokter. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

“Puskesmas di Sulsel diberdayakan untuk peningkatan pendanaan promotif dan preventif serta peningkatan efektivitas pembiayaan kesehatan. Maka, jalurnya jelas karena Sulsel pilar utama pembangunan nasional dan simpul jejaring akselerasi kesejahteraan tahun 2018,” ujar Rachmat dalam rilis dari Kementerian Kesehatan, hari ini (19/12017).

Di Sulsel terdapat 89 RS dan 453 Puskesmas. Khusus di Kota Makassar terdapat 46 puskesmas dan tahun depan menjadi 47 Puskesmas. Intinya, tutur Rachmat, setiap inovasi pelayanan kesehatan tergantung dari kepemimpinan.

Meanggapi permintaan itu,Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah Tun Azikin mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah peningkatan layanan, utamanya layanan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).
Dinkes Kota Makassar membuktikan kesiapan pembangunan kesehatan berbasis pendekatan keluarga melalui penghargaan sertifikasi terhadap 10 Puskesmas yang dinyatakan lulus akreditasi oleh Komisi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kemenkes RI 2015/2016.
“Kami berupaya membangun seluruh 46 Puskesmas kota agar layanan kesehatan merata. Untuk tingkat kota, kami baru saja menerima penghargaan atas akreditasi 10 Puskesmas,” ungkap dr Naisyah.
Akreditasi Puskesmas terdiri dari 3 kategori, yakni akreditasi utama, madya, dan akreditasi dasar.Berikut 10 Puskesmas yang sudah mengantongi akreditasi nasional :
1. Puskesmas Dahlia
2. Puskesmas Jongaya
3. Puskesmas Pattingaloang
4. Puskesmas Malimongan Baru
5. Puskesmas Tarakan
6. Puskesmas Makkasau
7. Puskesmas Tamalandrea
8. Puskesmas Antang Perumnas
9. Puskesmas Sudiang Raya
10. Puskesmas Batu
Keberhasilan Dinkes Kota Makassar tersebut diapresiasi dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-52 Tahun 2016 beberapa waktu lalu.
“Puskesmas Jongaya itu akreditasi utama, sementara Tamalanrea dan Pattingalloang menerima akreditasi madya, serta untuk Puskesmas Perumnas Antang, Tarakan, Malimongang, Batua, Makkasau, Sudiang Raya dan Dahlia akreditasi dasar,” jelas Naisyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *