Obat Sakit Kepala Aspirin Bisa Perlambat Penyebaran Kanker

Obat Sakit Kepala Aspirin Bisa Perlambat Penyebaran Kanker
Obat Sakit Kepala Aspirin Bisa Perlambat Penyebaran Kanker

Aspirin yang dikenal sebagai obat sakit kepala ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya menghambat penyebaran kanker.

Adalah peneliti dari Oregon Health dan Science University menemukan khasiat baru dari aspirin. Mereka melihat obat itu dapat memperlambat penyebaran beberapa jenis usus dan sel-sel kanker pankreas. Hasil temuannya dipublikasikan dalam American Journal of Physiology.

Menurut tim peneliti,dalam situs sciencedaily.com (14/12/21016), trombosit yang merupakan salah satu unsur darah dalam pembekuan ikut berperan dalam pertumbuhan sel-sel kanker. Trombosit yang yang melepaskan faktor pertumbuhan dan meningkatkan respon terhadap protein yang mengantur perkembangan sel kanker.

Peneliti membuktikannya setelah melakukan ujicoba di laboratorium. Sel-sel kanker dimasukkan ke dalam darah yang mengandung trombosit. Kemudian peneliti memasukkan aspirin dosis rendah.

Walhasil sel-sel tersebut lambat perkembangannya. “Studi ini dirancang untuk menentukan efek penghambatan aktivasi platelet dan fungsi dengan aspirin terapi pada usus besar dan pankreas proliferasi sel kanker,” tulis para peneliti.

Jika dosis aspirin ditingkatkan lagi menjadi dosis tinggi, maka kanker itu tak bakalan tumbuh danmenyebar ke organ lain. Masalahnya, aspirin memiliki efek samping berupa perdarahan, karena sifatnya mengencerkan darah.

Namun, tidak semua jenis kanker bisa diahmbat dengan aspirin. Ia menyebut sel-sel kankerpencernaan yang bisa dihambat dengan aspirin. Misalnya, kanker — usus termasuk usus besar – dan kanker pankreas. Obat itu juga diharapkan dapat menjadi terapi untuk jenis kanker yang non-metastase.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*