Obat Rematik Untuk Stroke?
Berita

Obat Rematik Untuk Stroke?

Stroke dikenal penyebab utama kedua kematian dan kecacatan di seluruh dunia. Stroke menyebabkan aliran darah ke otak terhambat, sehingga mengakibatkan kerusakan sel-sel otak. Namun, tak lama lagi hambatan itu bisa teratasi. Riset terbaru menunjukkan adanya obatbaru yang bekerja tidak hanya kerusakan batas stroke, tetapi juga mendorong perbaikan. Itu sudah diujicoba peneliti Universitas Manchester, Inggris, pada tikus.

Para peneliti percaya temuan menawarkan dukungan lebih lanjut untuk mengembangkan obat baru sebagai pengobatan untuk stroke. Hasil studinya diterbitkan dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity, seperti disiarkan dalam situs medicalnewstoday.com (28/11/2016).

Menurut Profesor Stuart Allan, ketua tim riset itu, salah satu jenis stroke adalah adanya gumpalan darah. Nah, peneliti mencoba menggunakan obat anti radang yakni interleukin-1 antagonis reseptor (IL-1Ra). Obat tersebut disuntikkan ke tubuh tikus yang dikondisikan terkena stroke. IL-1Ra sudah berlisensi untuk pengobatan rheumatoid arthritis.

Para peneliti menemukan bahwa tikus yang diobati dengan IL-1Ra tidak hanya telah mengurangi kerusakan otak pada tahap awal setelah stroke, namun beberapa hari kemudian, mereka menunjukkan munculnya jumlah sel otak baru meningkat. Sel-sel saraf itu mengalami regenerasi. Mereka menemukan hasil yang sama ketika dicoba pada berbagai jenis tikus: tikus muda, tua, kurus, atau obesitas.

Ketika mereka menganalisis efek dari IL-1Ra pada neurogenesis di otak tikus, mereka menemukan obat, “tidak hanya meningkatkan proliferasi sel induk, tetapi juga secara signifikan meningkatkan neuroblast migrasi dan jumlah neuron baru lahir setelah iskemia otak,” kata Allan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *