Merokok Ciutkan Otak

Merokok Ciutkan Otak
Merokok Ciutkan Otak

Satu lagi bahaya merokok. Penelitian yang dilakukan Dokter Simone Kuhn dari Cherite University Medicine, Berlin, Jerman, menunjukkan bahwa otak bisa menipis hanya gara-gara mengisap asap rokok. Studi tersebut dimuat dalam jurnal Biological Psychiatry, edisi online belum lama berselang.

Seperti dilansir situs sciencedaily.com, Kamis pekan lalu, peneliti membandingkan ketebalan korteks pada perokok dan non-perokok. Korteks adalah bagian otak yang berperan dalam proses informasi, dan pengambilan keputuan. Peneliti sudah mengeluarkan beberapa faktor lain yang ikut berpengaruh, seperti menderita penyakit tertentu.

Setelah diamati lewat pemindaian magnetic resonance imaging (MRI), nampak korteks, terutama bagian orbitofrontal, perokok lebih tipis daripada non-perokok. Sejauh ini penipisan itu bisa terjadi pada orang kecanduan obat, namun riset Kuhn berhasil membuktikan penipisan bagian tersebut juga dapat dialami pada perokok. “Hasil ini menunjukkan bahwa bahwa sebaiknya perokok segera menghentikan kebiasaan buruk,” kata Kuhn.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*