Meditasi Bikin Sehat Selalu

Meditasi Bikin Sehat Selalu

Mau tetap sehat? Ini semua keinginan semua orang. Cobalah melakukan meditasi. Tetapi tak sedikit dari mereka yang tak memahami mengapa meditasi bisa meningkatkan seseorang.

Nah misteri itu dicoba dikuah oleh Profesor Mark Williams, psikiater pada Departemen Psikiatri Universitas Oxford, Inggris. Ia bersama koleganya menggunakan terapi perilaku kognitif. Itu digunakan paa  seorang pasien bernama Carol Cattley. Wanita itu menderita depresi setelah suaminya meninggal dunia.

Carol sudah menjalani berbagai jenis terapi sebelumnya, seperti terapi perilaku kognitif. Ketika berobat ke William, ia mdanpat terapi baru: Mindfulness Based Cognitive Therapy (MBCT), yang terdiri dari beberapa tahapan meditasi.

Menurut reuters.com, belum lama ini, terapi ini terdiri meditasi 80%, dan sisanya terapi kognitif. MBCT kini sudah dipraktekkan di hampir seluruh wilayah Inggris. Juga diresepkan dalam sistem kesehatan nasional setempat.

 

Menurut William, meditasi berguna untuk terapi karena terbukti bisa menyebabkan perubahan psikologi otak. Meditasi telah membuat otak bagian kiri aktif.

Di bagian itu biasanya berkaitan dengan hal-hal yang berbau kebahagiaan dan antusiasme.  Belakangan ini meditasi digunakan pula terapi pada orang-orang yang akan bunuh diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *