Mau Tahu Kenapa Olahraga Penting Untuk Kesehatan? Ini Jawabannya

Mau Tahu Kenapa Olahraga Penting Untuk Kesehatan? Ini Jawabannya
Mau Tahu Kenapa Olahraga Penting Untuk Kesehatan? Ini Jawabannya

Berolahragalah jika ingin tetap sehat. Olahraga menjauhkan kita dari berbagai risiko, seperti penyakit kardiovaskular, meningkatkan metabolisme dan mengontrol berat badan, serta umumnya memperkuat jantung, otot, dan tulang.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Brain, Behavior and Immunity,terbaru menunjukkan bahwa olahraga selama 20 menit saja bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. Suzi Hong, Ph.D., dari Departemen Psikiatri dan Departemen Kedokteran Keluarga dan Kesehatan Masyarakat, University of California-San Diego School of Medicine, Amerika Serikat membuat hipotesis bahwa olahraga akan meningkatkan respon anti-inflamasi tubuh dengan mengaktifkan sistem saraf simpatik.

Untuk menguji hipotesis mereka, Hong dan koleganya meminta 47 partisipan untuk berjalan di atas treadmill selama 20 menit pada tingkat intensitas disesuaikan sesuai dengan tingkat kebugaran masing-masing individu.

Hong dan tim mengambil sampel darah dari para peserta sebelum dan segera setelah sesi latihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesi 20 menit latihan moderat dapat memiliki efek anti-inflamasi.

Penelitian ini menegaskan hipotesis Hong. Latihan itu tampaknya menghasilkan respon seluler anti-inflamasi, yang dapat dilihat dalam pengurangan sitokin TNF. “Studi kami menemukan satu sesi dari sekitar 20 menit latihan treadmill moderat mengakibatkan penurunan 5 persen jumlah sel kekebalan dirangsang memproduksi TNF,” kata Hong.

TNF merupakan salah satu sitokin tersebut. TNF dapat menginduksi diferensiasi sel dan proliferasi, tetapi juga kematian sel, termasuk yang kanker. TNF juga memiliki sifat pro-inflamasi, yang membantu tubuh untuk membawa sel inflamasi ke lokasi cedera, menciptakan respon imunologi.

Meskipun manfaat anti-inflamasi dari aktivitas fisik yang sudah diketahui peneliti, Hong menjelaskan, penelitian ini menjelaskan proses secara lebih rinci. Ia menjelaskan, sistem saraf simpatik membantu meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan tingkat pernapasan. Olahraga fisik mengaktifkan sistem ini untuk membantu tubuh untuk selalu terjaga terhadap datangnya benda atau makhluk asing yang ingin merusak tubuh.

Selama ini, tubuh melepaskan hormon seperti epinefrin dan norepinefrin ke dalam aliran darah, yang mengaktifkan reseptor adrenergik kepada sel imun. Sesi selama 20 menit dalam sekali latihan akan cukup memicu aktivasi sympathoadrenergic, yang, pada gilirannya, akan menekan produksi sitokin monosit.

Monosit adalah jenis sel darah putih, atau sel kekebalan tubuh, yang membantu melawan bakteri dan infeksi. Sitokin adalah sejenis protein yang membantu sel-sel lain untuk menjadi yang disebut sel efektor, yang pada gilirannya, membunuh sel-sel kanker atau terinfeksi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*