Manfaat Kedelai Untuk Laki-laki
Obat Herbal

Manfaat Kedelai Untuk Laki-laki

Isoflavon sudah lama dikenal sebagai penyelamat wanita yang sudah mengalami menopause. Sebab, zat ini berfungsi sebagai pengganti hormon estrogen. Isoflavon banyak djumpai pada makanan yang mengandung kacang-kacangan, seperti kacang hijau, kacang tanah, tempe dan tahu.

Tidak heran banyak wanita menopause atau yang tak ingin lebih dulu terkena menopause, mengonsumsi berbagai makanan yang berasal dari kacang-kacang, seperti kacang hijau dan susu kedelai. Banyak yang menilai isoflacon cuma berguna buat wanita.

Padahal tidak demikian. Studi yang digarap Dokter Norie Kurahashi, dari Pusat Kanker Nasional, Tokyo, Jepang, memperlihatkan bahwa isoflavon pun berguna untuk kaum Adam. Ia bilang begitu berdasarkan riset yang dilakukan pada 43.500 laki-laki yang diamati 1995-2004. Selama kurun waktu itu, 307 pria terkena kanker prostat. Setelah ditanya, sebagian besar laki-laki itu mengonsumsi makanan dari kedelai, dan hanya sedikit yang tidak suka makanan ber-isoflavon.

Namun, Kurahashi mengingatkan agar jangan mengonsumsi isoflavon yang berbentuk suplemen. “Suplemen justrubisa meningkatkan risiko kena kanker prostat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *