Manfaat Internet Bagi Pecandu Alkohol

Manfaat Internet Bagi Pecandu Alkohol
Manfaat Internet Bagi Pecandu Alkohol

Beselancar di dunia maya, kerap dikatkan dengan gangguan kesehatan. Namun bermain internet juga berguna paling tidak bagi pecandu alkohol. Menurut studi terbaru oleh peneliti Khadjesari dari University College E-health Unit, London, Inggris, internet bisa mengatasi kecanduan. Itu berdasarkan penelitian terhadap 24 studi yang melibatkan 5.600 relawan yang tergolong peminum berat alkohol.

Seperti dimuat dalam situs reuters.com, belum lama berselang, Khadjesari menerapkan beberapa alternatif intervensi. Beberapa di antaranya, internet, permainan interaktif, dan video. Hasilnya, inrvensi berupa internet bisa mengurangi kecanduan hingga 2 gelas bir.

Artinya yang semula minum 5 gelas bir sehari, bisa diturunkan menjadi 3 gelas sehari. “ini merupakan cara yang lebih nyaman, murah, fleksibel, dan sangat pribadi sifatnya,” katanya.

Intervensi semacam itu penting karena banyak pecandu alkohol. Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), lelaki cenderung minum lebih dari 2 gelas per hari, sedangkan wanita lebih dari segelas sehari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*