Makan Buah dan Sayuran Cegah Penyempitan Pembuluh Darah Kaki

Jangan sampai kaki Anda mengalami penyumbatan di poembuluh darah perifer di kaki (PAD). Sebaiknya, konsumsilah tiga atau lebih porsi buah dan sayuran per hari. Menurut penelitian baru di Arteriosclerosis, Trombosis dan Biologi Vaskular, jurnal American Heart Association, konsumsi tersebut bisa menghindari risiko PAD.

Dalam laporan studi yang dikutip situs medicalnewstoday.com (19/5/2017), peneliti menganalisis dara 3,7 juta orang Amerika. Peserta yang rata-rata berusia 64 tahun (64 persen wanita, hampir 90 persen berkulit putih), menyelesaikan kuesioner medis dan gaya hidup dan tes indeks brakialis pergelangan kaki di lebih dari 20.000 situs di seluruh Amerika. Uji indeks brakialis pergelangan kaki adalah perbandingan perbedaan tekanan darah antara pembacaan di pergelangan kaki dan lengan bawah.

Hasilnya, orang yang mengaku makan tiga atau lebih porsi makanan dan buah setiap hari memiliki kemungkinan 18 persen lebih rendah terkena PAD daripada mereka yang melaporkan kurang makan buah dan sayuran sebanyak itu.

Ketika dikelompokkan berdasarkan status merokok, hubungan PAD yang lebih rendah dan peningkatan buah dan sayuran hadir hanya di antara peserta yang saat ini atau mantan perokok.

“Studi kami saat ini memberikan informasi penting kepada masyarakat bahwa sesuatu yang sederhana seperti menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam makanan Anda dapat berdampak besar pada prevalensi penyakit arteri perifer yang mengubah kehidupan,” kata Profesor Jeffrey Berger, ketua peneliti pada New York University School of Medicine di New York City.

PAD adalah penyempitan pembuluh darah di kaki, sehingga membatasi aliran darah ke otot dan membuatnya sulit atau menyakitkan untuk berjalan atau berdiri.

Studi termasuk baru, karena sebelumnya masih sangat sedikity studi yang mengaitkan hubungan makan buah dan sayuran terhadap PAD.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *