Kerjasama Kesehatan Antara Indonesia dan Arab Saudi Diteken

Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Alsaud dimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia. Salah satunya dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) di bidang kesehatan. Di Istana Bogor Menteri Kesehatan Nila Moeloek bersama Menteri Kesehatan Kerajaan Arab Saudi menandatangani MoU (1/2/2017), sebagaimana rilis dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementrian Kesehatan.

Kerjasama dilakukan untuk memecahkan masalah kesehatan bersama, seperti isu-isu kesehatan nasional dan internasional, terutama soal peraturan kesehatan Internasional. Selain itu, kerjasama pun dilakukan dalam hal perekrutan tenaga kerja kesehatan dan profesional kesehatan Indonesia.

Untuk menjamin keamanan dan keselamatan jemaah haji atau umroh diperlukan pula adanya kolaborasi di bidang penerapan persyaratan kesehatan. Persyaratan ini dikeluarkan oleh kementerian kesehatan Arab Saudi untuk haji dan umroh.

Pengembangan kapasitas sumber daya manusia termasuk pertukaran ahli dan profesional kesehatan perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di masing-masing negara. Pertukaran ahli dan profesional ini membuka kesempatan bagi para ahli dan profesional kesehatan di Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan, terutama dalam upaya promotif dan preventif dari mulai mengenali jenis penyakit hingga pengembangan teknologi kesehatan.

Pencegahan dan pengendalian penyakit lainnya yang menjadi kepentingan berasama akan disepakati secara tertulis oleh masing-masing pihak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *