Kenali Obat Dengan Benar
Tips

Kenali Obat Dengan Benar

Banyak orang ingin sembuh langsung minum obat. Obat dipilih karena bisa digunakan untuk mencegahka, mengurangi, menghilangkan, dan menyembuhkan penyakit atau gejala penyakit. Bisa pula obat dapat digunakan untuk meodifikasi proses kimira dalam tubuh atau mempengaruhi organisme hidup di dalam tubuh.

Namun, harus berhati-hati. Kenali obat dengan benar sebelum mengonsumsinya. Artinya obat sakit perut ya untuk perut. Kemudian juga memperhatikan bagaimana obat itu dikonsumsi. “cara pemberiannya harus aman dan akurat,” kata Dokter J. Hudyono, staf penilai obat Jadi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Itu diungkapkannya kepada wartawan dalam jumpa pers di Almond Zucchini Cooking Studio, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, (31/10/2016).

Hudyono mengatakan bahwa ada sarana masuknya obat ke dalam tubuh. Yaitu: oral (obat yang cara pemberiannya melalui mulut), sublingual (pemberian obat di bawah lidah/dihisap, rectal (memberikan obat melalui rectum/ anus, pervaginam (memberikan obat melalui vagina/ kedalam vagina), parental (melalui suntikan), intranasal (melalui lubang hidung dan Topical (melalui kulit).

Jika obat yang dikonsumsi tidak sesuai takaran atau tidak mengandung bahan yang kimia yang diperlukan, maka akibatnya akan fatal. Kondisi tubuh bukan membaik, melainkan malah memburuk. Maka, masyarakat harus berhati-hati mengonsumsi obat karena belakangan ini obat sering dipalsukan. Menurtu World Health Organization (WHO) 1% obat yang beredar itu cenderung palsu. Angka ini meningkat sampai 10 persen secara global. Namun di beberapa negara di Asia, Afrika dan Amerika Latin obat palsu bisa menguasai 30 persen pangsa pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *