3M gelar Science games untuk pelajar SD

Untuk mengasah kemampuan sains dan teknologi untuk para siswa SD, 3M Indonesia gelar lomba 3M Science Games. Pemenangnya dikirim ke Singapura.

Bekasi, Warta Bugar – 3M Indonesia, yang salah satu produknya adalah masker, menyelenggarakan kompetisi 3M Science Games yang kini sudah mencapai tahap final.

Kompetisi ini merupakan inisiatif 3M secara global untuk menarik minat generasi muda terhadap sains dan teknologi.Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah akan ketersediaan sarana pendidikan yang berkualitas tinggi bagi anak-anak Indonesia.

Tujuan dilaksanakannya kompetisi ini untuk memperlihatkan pentingnya pemahaman sains di usia muda serta manfaatnya. Selain itu, kegiatan ini menjadi bukti nyata akan komitmen 3M dalam hal meningkatkan kehidupan dan menjadikan dunia tempat yang lebih baik melalui sains.”

Dalam rilisnya (11/2), Sashidharan Sridharan, Managing Director 3M Indonesia, mengatakan bahwa sebagai perusahaan global yang berbasis sains dan teknologi, 3M ingin mendorong minat terhadap sains dan teknologi bagi generasi muda.

Menurutnya, kegiatan berkelanjutan ini sudah lama dilaksanakan sejak 2008 di Amerika Serikat, tahun ini 3M Indonesia mengadaptasi kegiatan tersebut di Indonesia bertajuk 3M Science Games.

“Program 3M Science Games merupakan kompetisi sains dengan cara pengenalan yang menyenangkan dan menarik untuk anak-anak sekolah dasar,” ujar Sridharan.

Kompetisi ini juga telah dirancang sesuai dengan konsep pembelajaran STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) di Indonesia.

STEM merupakan salah satu hal yang mendasar dan menjadi hal penting karena dengan mempelajari STEM sejak dini, anak-anak akan lebih siap dalam menghadapi sekolah dan karir di masa depan.

Demi mewujudkan hal tersebut, 3M memahami pentingnya sains untuk diajarkan dan dipahami sejak dini, sehingga dapat mengembangkan sumber daya manusia yang mampu menjawab tantangan di masa depan.

3M Indonesia berkolaborasi dengan mitra sains DoctoRabbit untuk melaksanakan program 3M Science Games. Program itu telah menyelesaikan tahap awal eliminasi pada tanggal 20 – 24 Januari 2020.

Di situ, sekitar 300 anak pelajar dari rentang kelas 3-6 SD ikut berpartisipasi, yang tersebar di 40 SD di wilayah Jabodetabek. Mereka bersaing untuk menjadi pemenang.

Hadiah utama dalam kompetisi ini adalah kegiatan kunjungan (Sains Tur) ke Customer Innovation Center 3M dan atraksi sains di Singapura.

Dalam kesempatan yang sama, Dyah Ratna Permatasari, Managing Director DoctoRabbit Science Inc.

“Kami merasa bangga dapat bekerjasama dengan 3M Indonesia dalam mewujudkan suatu program yang mengedepankan pendidikan sains,” katanya.

Kegiatan 3M Science Games, lanjut Dyah, merupakan program yang sesuai dengan fokus lembaga kami yakni mengajak anak-anak sejak dini untuk mengenal sains agar mereka mudah memahami dan pada akhirnya menguasai kemajuan sains dan teknologi.

“Oleh karenanya, kami yakin dengan kompetisi ini dapat meningkatkan konsentrasi, kemandirian, berpikir lebih kritis, serta kemampuan untuk mengamati secara detail,” ujar Dyah. (hkw)

46 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini