Kabar Baru: Bakal Ada Obat Trigliserida
Berita

Kabar Baru: Bakal Ada Obat Trigliserida

Perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Ionis Pharmaceuticals Inc, mengumumkan mereka berhasil menciptakan obat untuk penyakit hipertrigliseridemia, sejenis penyakit gangguan metabolik yang disebabkan adanya timbunan lemak di dalam darah.

Pengumuman yang disiarkan oleh situs reuters.com (19/12/2016) menyebutkan nama volanesorsen. Dalam studi tersebut, obat itu terbukti bisa menurunkan secara signifikan kadar trigliserida dalam darah sebesar 71,2 persen setelah 12 pekan pengobatan. Ini lebih dibandingkan penggunaan plasebo yang cuma dapat menurunkan trgliserida seebsar 0,9 persen.

Volanesorsen dikabarkan cocok untuk penyakit gangguan metabolisme: sindrom chylomicronemia familial dan lipodistrofi parsial familial. Sindrom chylomicronemia familiar adalah kelainan genetik langka yang ditandai dengan kadar trigliserida yang sangat tinggi dengan risiko berulang, serta bakal menderita radang pankreas.

Sedangkan familial lipodistrofi parsial adalah gangguan metabolisme langka yang ditandai dengan ketidakmampuan tubuh untuk menyimpan lemak di lokasi dan kadar normal .

Menurut chief executive officer (CEO) Ionis, Paula Soteropoulos, ada tiga studi tahap akhir lainnya saat ini sedang berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *