Jika Tak Ingin Minum, Hindari Minum Minuman Beralkohol

Jika Tak Ingin Minum, Hindari Minum Minuman Beralkohol
Jika Tak Ingin Minum, Hindari Minum Minuman Beralkohol

Alkohol sudah lama diduga bikin penyakit. Selain merusak jantung, minum alkohol keseringan juga bisa bikin bodoh. Apalagi itu dilakukan pada remaja yang sedang tumbuh dewasa. Perkembangan memorinya jadi terhambat.

Riset gabungan Universitas Northumbria dan Keele, Inggris, yang mengantarkan pada saran itu dilakukan dengan menelisik 26 peminum dan 34 non-peminum. Semuanya berusia 17-19 tahun. Peminum yang dipilih adalah peminum minimal 8 gelas sepekan.

Periset meminta mereka untuk tidak meminum selama 3-4 hari untuk memastikan tubuh mereka bebas dari kandungan alkohol. Lalu diajukan beberapa pertanyaan masa lalu, seperti perkenalan dengan teman, film yang pernah ditonton dan sebagainya. Ternyata para peminum memiliki daya ingat yang rendah ketimbang non-peminum.

Dokter Thomas Heffernan dari Universitas Northumbria, mengatakan bahwa alkohol dalam merusak korteks dan hipokampus di otak. Bagian otak itu berperan terhadap memori. “Meski otaknya terus tumbuh, daya ingat mereka tak dapat diatasi,” ujarnya. Menurutnya, untuk remaja, minum alkohol yang dianjurkan hanya maksimal 2 gelas sepekan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*