Jepang Luncurkan Satelit GPS

Untuk menghadapi ancaman serangan dari Korea Utara, pemerintah Jepang meluncurkan satelit baru. Satelit itu dibawa roket H-2A ke orbit pada (19/8/2017). 

Peluncuran satelit geo-positioning ketiga Jepang merupakan bagian dari rencananya untuk membangun versi sistem penentuan posisi global yang mengacu pada standar Amerika Serikat (GPS) untuk menawarkan informasi lokasi yang digunakan untuk autopiloting dan kemungkinan tujuan keamanan nasional.

Peluncuran satelit ini sempat tertunda sepekan. Sebelumnya, timbul spekulasi macam-macam mengenai pembatalan tersebut. Namun, pemerintah Tokyo menegaskan bahwa penundaan peluncuran lebih terkait pada masalah teknis. 

“Dengan keberhasilan satelit ketiga, kami telah membuat langkah lain lebih dekat karena memiliki sinyal dari empat satelit di masa depan,” ujar Masaji Matsuyama, menteri yang bertanggung jawab atas kebijakan luar angkasa seperti dikutip situs reuters.com (19/8/2017).

Setelah satelit ketiga sukses mengorbit, pemerintah setempat berencana meneruskan ke peluncuran satelit keempat pada akhir tahun ini atau April mendatang. Ini merupakan bagian dari rencana Jepang memiliki satelit GPS menjadi tujuh satelit hingga tahun 2023.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *