Ini Manfaat Pedas Pada Cabai

Rasa pedas pada cabai ternyata menyimpan beragam manfaat. Salah satunya, seperti yang ditemukan Profesor Pramod Srivastava, imunolog pada UConn Health School of Medicine di Farmington, Amerika Serikat, mengurangi peradangan pada perut.

Dalam situs medicalnewstoday.com (25/4/2017), periset menemukan bahwa capsaicin – senyawa yang memberi cabai panas mereka – menargetkan reseptor di usus yang menghasilkan senyawa yang disebut anandamida, yang secara kimiawi mirip dengan senyawa dalam ganja.

Srivastava dan rekannya memberikan capsaicin pada model tikus yang direkayasa menderitadiabetes tipe 1 dan menganalisis bagaimana senyawa cabai tersebut memengaruhi usus.

Para peneliti menemukan bahwa target capsaicin dan berikatan dengan reseptor yang disebut TRPV1, yang hadir pada sel khusus di saluran cerna. Hal ini menyebabkan produksi anandamide.

Penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa anandamide tidak hanya berinteraksi dengan TRPV1 untuk menghasilkan lebih banyak anandamide, namun juga bekerja dengan reseptor yang disebut CX3CR1, yang merekrut jenis makrofag – atau sel darah putih – yang mengurangi peradangan.

Karena kadar anandamida meningkat, tingkat dan aktivitas makrofag anti-inflamasi juga ikut meningkat. Temuan mereka dipublikasi dalam Prosiding National Academy of Sciences.

Tim mencatat bahwa anandamida secara kimiawi sebanding dengan senyawa yang ditemukan dalam ganja, dan mengikat reseptor cannabinoid di otak. Hal ini tidak hanya menunjukkan bahwa ganja yang dapat dimakan dapat mengurangi peradangan usus, tapi ini memberi penerangan lebih lanjut pada hubungan antara usus, sistem kekebalan tubuh, dan otak.

Dalam tubuh tikus, anandamida yang diproduksi oleh konsumsi capsaicin ditemukan mengurangi peradangan dengan cara merangsang sel kekebalan anti-inflamasi, dan bahkan mengatasi diabetes tipe 1 pada tikus. Srivastava,mengatakan bahwa paprika dingin dan ganja yang dapat dimakan dapat membantu mengobati diabetes tipe 1 dan kolitis (radang usus besar).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *