Ini Loh Bahaya Jika Menopause Datang Lebih Awal

Ini Loh Bahaya Jika Menopause Datang Lebih Awal
Ini Loh Bahaya Jika Menopause Datang Lebih Awal

Menopause merupakan masa yang ditakutkan banyak wanita. Sebab di masa itu, hormon estrogen sudah tidak berproduksi. Sejumlah penyakit timbul. Kulit keriput , keropos tulang hingga penyakit jantung.

Yang lebih gawat lagi kalau menopause datangnya lebih cepat dari usia sebenarnya sekitar usia 55 tahun. Peneliti University of Minnesota School of Public Health, Minneapolis, Amerika Serikat mengatakan risiko menopause dini adalah kanker.

Ia tidak asal omong. Mereka meneliti faktor risiko terkena kanker itu pada 37.459 wanita yang berusia 55-69 tahun. Mereka sebelumnya terbebas dari kanker pada 1986, atau pada saat mereka berusia 34-48 tahun. Dan mereka dipantau lagi pada 2003. Setelah follow up, mereka dilihat apakah ada yang terkena risiko kanker pada tahun ini.

Hasilnya, dalam International Journal of Cancer, belum lama berselang hanya 0,5% wanita yang berisiko kena kanker itu pada usia 73 tahun pada tahun ini. Sebanyak 32% wanita berisiko menderita kanker kandung kemih, pada saat mengalami menopause pada umur 43-47 tahun. Persentase makin meningkat menjadi 60% pada wanita yang menopause pada usia 42 tahun ke bawah.

Menurut ketua tim peneliti Anna E. Prizment, studi ini tak mengaitkan risiko kanker itu dengan usia saat menstruasi pertama kali, jumlah anak yang dilahirkan, usia pada saat melahirkan pertama kali, terapi sulih hormon, kemandulan, dan ada tidaknya kista di indung telur.

Anna bilang pada usia menopause, terjadi penurunan produksi hormon estrogen. “Ini akan meningkatkan jumlah kasus infeksi saluran kemih yang berkaitan dengan kanker kandung kemih,” ujarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*