Ini Bahaya Kerja Berat Bagi Wanita

Ini Bahaya Kerja Berat Bagi Wanita

Ini anjuran buat wanita: jangan sering mengangkat barang yang berat dan bekerja dengan shift dan bekerja malam hari. Sebab bisa mempengaruhi tingkat kesuburan Anda. Itu berdasarkan studi yang dilakukan Lidia Minguez-alarcon, peneliti pada Departemen Kesehatan Lingkungan, Chan School of Public Health in Boston, Amerika Serikat.

Dalam situs medicalnewstoday.com, (8/2/2017), ia dan koleganya melakukan riset terhadap 473 wanita yang menjalani terapi kesuburan di Massachusetts General Hospital. Dari hasil pemeriksaan, hormone FSH (follicle stimulating hormone)-nya meningkat. Jika itu terjadi biasanya jumlah sel telur berkurang dan itu terjadi pada wanita yang menua. Dari jumlah tersebut, 313 menjalani terapi bayi tabung.

Kemudian peneliti menanyakan kebiasaan wanita itu sebelumnya. Hasilnya,  4 dari 10 wanita mengaku pernah mengangkat benda berat sebagai bagian dari pekerjaannya. Lantas 1 dari 4 wanita yang mengangkut benda itu karena fisiknya memadai. Selain itu 91%wanita bekerja sesuai jam kerja. Tapi 9% bekerja shift. Kemudian peneliti memeriksa indeks masa tubuh, ternyata beratnya normal karena indeksnya 23.

Dari situlah peneliti menyimpulkan bahwa kesuburan mereka berkurang karena mengangkat benda berat. “Hasil studi kami menganjurkan bila wanita ingin punya anak, hindari pekerjaan berat dan bekerja lembur,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *