Ini Alasannya Mengapa Kita Minum Kopi dan Teh
Obat Herbal

Ini Alasannya Mengapa Kita Minum Kopi dan Teh

Kopi dan Teh memang mengandung kafein yang mungkin bagi banyak orang perlu dihindari. Tapi perlu disadari kedua jenis tanaman yang dipakai untuk bahan minuman mengundang banyak manfaat.

Studi terakhir menunjukkan menurunkan risiko si pengonsumsi dari serangan kanker otak. Adalah Dominique Michaud dari Universitas Brown, Providence, Rhode Island, Amerika Serikat yang membuktikannya.. hasil studinya dikutip dalam reuters.com, beberapa waktu lalu.

Ia dan koleganya meneliti lebih dari 500.000 warga Eropa yang berusia 25-70 tahun. Mereka tersebar di 10 negara yang memiliki faktor risiko tinggi terkena kanker. Mereka diminta mengisi kuesioner yang berisi antar alain, sejarah penyakit, diet, kebiasaan olahraga, merokok, dan gaya hidup yang lain.

Dari jumlah tersebut Michaud memfokuskan pada 410.000 relawan yang bebas kanker. Kemudian diperhatikan pola dietnya. Setelah dipantau selama 8,5 tahun, ternayta ada 343 orang yang kemudian menderita glioma. Selain itu ada pula, penderita tumor otak yang jinak (meningioma) yang berjumlah 245 relawan.

Setelah dikaitkan dengan pola diet mereka, ternyata mereka yang mengonsumsi minuman yang berisi 99 gram the atau kopi setiap harinya, memiliki risiko yang lebih rendah terkena kanker tersebut ketimbang yang tidak meminum the sebanyak itu. Artinya pecandu the dan kopi mengalami risiko 1/3 lebih rendah daripada yang bukan pecandu. Namun kadar tersebut tak berlaku bagi penderita tumor otak yang jinak.

Michaud tak mengetahui apa penyebab pastinya, namun diduga kafein yang terkandung dalam dua jenis tanaman itu pertumbuhan sel glioma. Selain itu, teh-kopi juga mengandung antioksidan lain yang bisa melindung sel-sel tubuh dari kerusakan akibat serangan kanker atau penyakit lain. “Tapi ini hanya studi awal yang perlu ditindaklanjuti dengan studi-studi lain,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *