Ingin Sehat? Bertetanggalah

Ingin Sehat? Bertetanggalah

Banyak orang berusaha mengatasi tekanan darah tinggi alias hipertensi, namun gagal. Padahal sudah minum obat atau herbal. Sebenarnya banyak cara murah dan praktis menghidnari penyakit itu, yaitu bertetangga.

Orang-orang yang tinggal di lingkungan yang banyak tetangga bisa hidup tenang. Sebab, jauh dari risiko kejahatan, dan banyak fasilitas sosial dan umum. Warganya mempunyai solidaritas tinggi.

Seperti dikutip Jurnal Epidemiology, belum lama berselang, lingkungan tersebut bisa menunjang kesehatan jantung. Menurut Profesor Ana V. Diez Roux, epidemiolog University of Michigan School of Medicine, Amerika Serikat, banyaknya gang-gang juga ikut berperan, karena dapat mendorong warga untuk jalan kaki.

“Kondisi tersebut bisa membuat orang lebih rileks dan dapat memulihkan setelah seharian dibebani stres,” ujarnya.

Ana dan koleganya menggelar studi terhadap 2.612 pria dewasa berusia 45-65 tahun di Amerika Serikat. Hasilnya, orang yang tinggal di pemukiman yang saling berdekatan tetangganya ¼ lebih rendah terkena tekanan darah tinggi ketimbang yang tinggal di pemukiman yang agak berjauhan satu sama lain atau orang yang kurang bergaul dengan tetangganya. “Perlu kebijaksanaan yang menciptakan lingkungan yang kondusi untuk membuat pilihan yang menyehatkan dan mengurangi stres,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *