IFC Beri Pinjaman Ke Vietnam Untuk Perbaikan Pengolahan Air
Lingkungan

IFC Beri Pinjaman Ke Vietnam Untuk Perbaikan Pengolahan Air

Kondisi air bersih di sejumlah penduduk di perkotaan di Vietnam masih memprihatinkan. Ini menggugah International Finance Corporation (IFC) memberikan pinjaman sebesar US$ 15,3 juta ke perusahaan swasta Jerman, DNP Water JSC. Tujuannya untuk meningkatkan akses dan ketersediaan air bersih bagi rumah tangga dan penduduk perkotaan di Vietnam.

Dalam kesepakatan itu, paket pembiayaan bisa meningkat menjadi $ 24,9 juta untuk mendukung pertumbuhan perusahaan lebih lanjut. Sebagaimana diketahui, DNP Water didirikan untuk memperluas portofolio terutama perawatan air dan fasilitas pasokan air di Vietnam, dan berencana untuk meningkatkan kapasitas pengolahan dan suplai sebesar lima kali menjadi satu juta meter kubik per hari pada tahun 2025.

“Kami sangat menghargai pendanaan jangka panjang IFC – anak usaha Bank Dunia — di sektor yang penting namun cepat berubah,” kata Vu Dinh Do, DNP Water Chairman seusai penandatangan pemberian pinjaman. Menurutnya, keahlian sektor perairan IFC yang luas akan membantu DNP memperbaiki standar keberlanjutannya.

Sementara itu, Kyle Kelhofer, Manajer Senior IFC untuk Vietnam, Kamboja dan Laos PDR, mengatakan bahwa akses terhadap air bersih yang terjangkau dan bersih merupakan target pengembangan utama. “Investasi IFC akan membantu mendorong partisipasi sektor swasta dalam sektor yang penting ini dan sektor air yang diprivatisasi di Vietnam,” katanya dalam rilisnya (9/1/2018).

Pembiayaan IFC terhadap perusahaan swasta, kata Kelhofer lebih lanjut, akan membantu mengurangi beban investasi modal pemerintah, yang akan mempercepat penyerapan sektor swasta untuk infrastruktur penting, dan memperjuangkan pertumbuhan pengusaha lokal.

Bantuan tersebut diberikan lantaran pada saat ini hanya sekitar 35 persen penduduk Vietnam yang terhubung dengan air ledeng. Menurut perkiraan Bank Dunia, negara tersebut membutuhkan investasi senilai US$ 1 milyar per tahun sampai 2020 untuk persediaan air perkotaan untuk memenuhi permintaan pertumbuhan saat ini dan masa depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *