Heboh Anak Hasil Bayi Tabung di Belanda
Berita

Heboh Anak Hasil Bayi Tabung di Belanda

Hati-hati mengikuti program bayi tabung untuk mendapatkan anak. Jangan sampai Anda mengalami kejadian yang terjadi di Belanda. Di sana, 26 wanita hasil melalui teknologi bayi tabung sel telurnya dibuahi oleh sperma orang lain.

Itu terungkap setelah Utrecht University Medical Centre (UMC), Utrecht, Belanda mengatakan bahwa telah terjadi kesalahan prosedur pada teknok itu yang berlangsung antara April 2015 dan November 2016.

Salah satunya menimpa wanita etnis Cina dan berseuamikan pria Cina pula. Ia yang melakukan program bayi tabung, memiliki anak yang berkulit berbeda dengan kedua orang tuanya.
“Dewan UMC ini menyesalkan bahwa pasangan yang terlibat harus menerima berita ini,” kata pusat itu dalam sebuah pernyataan yang dikutip situs reuters.com (28/12/2016). Meskipun kesempatan itu terjadi itu kecil, kemungkinan “tidak dapat dikecualikan.”.

Kesalahan tersebut diduga terjadi pada tenaga yang bertanggung jawab menggunakan pipet yang sama. Pipet itu digunakan untuk mengambil sperma dari intinya yaitu dengan teknologi intra-cytoplasmic sperm injection (ICSI).

Pipet tersebut menggunakan karet yang sama dan dimanfaatkan untuk menyuntikkannya kepada sel telur. Kejadian itu menimpa 26 pasangan. Dari jumlah itu, 9 anak telah lahir. Sebanyak 4 wanita masih hamil, dan sisanya sudah berbentuk embrio tapi dibekukan.

Untuk memastikannya, semua pasangan akan bertemu dokter yang menanganinya dalam beberapa hari mendatang. Mereka akan ditawarkan untuk melakukan tes DNA (asam dioksiribo nukleus). Perlu diketahui, UMC telah melakukan hingga 700 prosedur ICSI setiap tahun.

Pengumuman itu karuan mengundang reaksi kelompok pendukung infertilitas setempat. Ketuanya, Freya, mengaku shock dengan berita tersebut. “Semua orang menginginkan anak. Tapi berita itu membuat tidur merek terganggu. Mereka harus diberi keyakinan bahwa metode itu (ICI) itu 100% aman,” ujarnya.

Kejadian tersebut bukan kali ini saja terjadi. Pada 2012, di Singapura, seorang ibu menggugat salah satu klinik lantaran sperma suaminya telah bercampur dengan cairan sperma orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *