HDL Rendah Juga Petanda Kena Risiko Pikun

Banyak orang hanya mengukur kesehatan jantung dari kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan kolesterol baik (HDL). Kadar HDL harus tinggi, biasanya dipatok minimal 35 atau 40 mg/dl. Jika kurang dari itu, maka akan berisiko terkena penyakit jantung.

Rupanya rendahnya HDL juga menimbulkan penyakit lain, yaitu  demensia alias pikun. Peneliti Inggris dan Prancis telah melakukan studi terhadap 3.673 pegawai negeri sipil untuk melihat kaitan tersebut.

Dalam situs bbc.com, beberapa waktu lampau, mereka mengetes darah relawan untuk mengetahui kadar HDL. Ternyata tingginya HDL bisa melindungi kerusakan pembuluh darah sehingga terhindar dari risiko dari serangan stroke dan jantung.

Selanjutnya,  peneliti juga melihat bahwa sebanyak 53% pasien yang berkadar HDL rendah memderita kehilangan memori yang berpengaruh terhadap penyakit demensia.

“ Kerusakan memori akan berpengaruh pada penyakit demensia di kemudian hari,” kata Dokter Archarna Singh-Manoux, ketua tim peneliti pada University College, London, Inggris.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *