Hadapi Beban Kerja Dengan Santai

Hadapi Beban Kerja Dengan Santai
Hadapi Beban Kerja Dengan Santai

Setumpukan kerja sering membuat kita stres. Ini membuat diri kita terkena risiko penyakit mematikan: penyakit kardiovaskular. Maka, sering disarankan agar kita tetap santai walaupun bos kita menuntut kita kerja lebih keras lagi. Ini juga berlaku bagi wanita di bawah usia 50 tahun.

Menurut studi belum lama ini, peneliti Occupational and Environmental Medicine, Denmark, menemukan wanita yang tertekan dalam pekerjaan lebih cepat terkena penyakit jantung ketimbang wanita yang berumur 50 dan 60 tahun ke atas.

Sebanyak 12.000 perawat yang berusia 45 dan 64 tahun dan tersebar di Kopenhagen, ibukota Denmark diteliti. Kesehatan mereka didata selama 15 tahun hingga 2008. Dari hasil pemeriksaan diperoleh bahwa 580 perawat terkena gangguan iskemia pada jantung, termasuk 369 nyeri dada (angina) dan serangan jantung sebanyak 138 kasus. Setelah dikaitkan dengan usia mereka, sebagian besar menimpa perawat di bawah 50 tahun.

Mereka umumnya tidak biasa menghadapi tekanan pekerjaan yang besar. Sedangkan perawat yang berumur di atasnya justru sebaliknya. “Pegawai muda rupanya lebih terpengaruh oleh stres,” ujar peneliti yang berasal dari Golstrup Unievrsity Hospital, Denmark dalam pernyataanya yang dikutip situs bbc.co.uk, belum lama berselang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*