Gadis Menstruasi Dini Berpeluang Kena Stroke

Jika Anda menemukan anak perempuan Anda mulai menstruasi, Anda perlu waspadai. Menurut penelitian yang dipublikasi pada Jurnal Neuroedpidemiology, mereka yang mengalami mestruasi dini berpeluang terkena stroke jika dewasa.

Seperti disiarkan situs sciencedaily.com (7/2/2017) peneliti dari Tohoku University and Teikyo University School of Medicine meneliti 1.412 wanita menopause di desa Ohasama, Jepang. Pemantauan dilakukan 1998-2010.

Kemudian mereka diminta mengisi kuesioner mengenai kapan mereka mulai mengalami menstruasi dan berhenti menstruasi. Selain itu juga mengisi berat badan, tinggi, sejarah penyakit jantung dan hipertensi.

Setelah mengumpulkan kuesioner dan memantau kesehatan mereka, peneliti menemukan adanya kaitan antara stroke dan menstruasi. Menurutnya, wanita yang haid pada usia 13 tahun sebelumnya akan berpeluang terkena stroke 1,5 kali dibandingkan mereka yang haid di usia 13 dan setelahnya.

“Haid dini dapat mendeteksi risiko terkena stroke dan kematian akibat stroke,” ujar Professor Takayoshi Ohkubo dari Tohoku University’s Graduate School of Pharmaceutical Sciences.

Namun demikian studi ini baru menyangkut populasi yang tinggal di pedesaan. Riset lebih lanjut harus mengungkapkan hal itu pada penduduk perkotaan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *