Dokter Spesialis Baru Wajib Kerja di Daerah
Berita

Dokter Spesialis Baru Wajib Kerja di Daerah

Sebanyak 21 anggota Komiter Penempatan Dokter Spesialis (KPDS) dikukuhkan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek di kantornya, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan (6/2/2017). Mereka akan bekerja hingga tahun 2019.

KPDS dibentuk untuk menindaklanjuti program pemerintah yang dputuskan lewat Peratruan Presiden Nomor 4 Tahun 2017 yang dikeluarkan 12 Januari. Di situ diatur antara lain kewajiban dokter spesialis yang baru lulus untuk ditempatkan ke daerah-daerah yang memerlukan. Para dokter akan ditempatkan selama setahun. “Jika ia merasa betah dan dibutuhkan, ia bisa bekerja di sana atas tanggungan pemerintah daerah,” kata Menkes.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Kemenkes, Untung Suseno Sutarjo, mengatakan bahwa KPDS bekerja berdasarkan kebutuhan Rumah Sakit yang diutarakan melalui pemda setempat. “Lantas organisasi kolegium atau profesi melihat kebutuhan itu,” ujarnya dalam jumpa pers sesuai acara pengukuhan. Lalu nanti organisasi, melalui KPDS akan memutuskan berapa tenaga dokter spesialis yang baru lulus yang bisa ditempatkan.

Menurut Untung, dokter spesialis yang dikirimkan tidak perlu diragukan karena berasal dari 19 fakultas kedokteran yang berakreditasi A. Pihaknya juga menggandeng Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi untuk melatih para dokter dari daerah untuk menjadi dokter spesialis.

Para dokter itu hanya akan bertugas selama setahun, yang kemudian akan digantikan dengan lulusan dokter spesialis yang baru lulus juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *