Dimanakah Vitamin K Berada?

Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang kalah tenar dbandingkan dengan vitamin A, B, dan C. Padahal vitamin tersebut memiliki banyak peran, salah satunya membantu darah menggumpal. Vitamin ini pun sebenarnya banyak terdapat di sejumlah makanan, baik susu maupun sayuran atau buah, seperti bayam, kangkung, dan brokoli.

Dalam situs medicalnewstoday.com (6/6/2017), para ilmuwan di Pusat Penelitian Nutrisi, Tufts University, Amerika Serikat, menyoroti kandungan vitamin dan kehadirannya yang signifikan pada beberapa produk susu yang ada di Amerika Serikat.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Current Developments in Nutrition, peneliti menghitung aktivitas dua bentuk alami vitamin K dalam produk susu dari berbagai kandungan lemak. Di situ, periset menemukan bahwa produk susu yang dijual di Amerika Serikat, sepertisusu, yogurt dan keju, mengandung cukup banyak vitamin K.

Konsentrasi vitamin bervariasi dengan kandungan lemak. Selain itu, makanan vitamin K ditemukan dalam dua bentuk alami: phylloquinone (PK, atau vitamin K1), yang didistribusikan secara luas melalui makanan nabati, dan menaquinones (MK, atau vitamin K2), yang tampaknya terutama di produk hewani dan makanan fermentasi. “Makanan olahan susu mengandung sejumlah kecil PK,” ujar Xueyan Fu, Ph.D, salah satu peneliti.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *