Crowde Beri Permodalan Kepada Petani Pengalengan

Sektor pertanian di Kabupaten Bandung menempati urutan ketiga yang berkontribusi terhadap PDRB (Produk Domestik Regional Bruto). Rata-rata sumbangan dari sektor pertanian terhadap PDRB tumbuh 2,19% per tahun.

Pengalengan adalah salah satu kecamatan di daerah Bandung Selatan yang cocok dijadikan sebagai wilayah agribisnis. Karena kaya akan produk-produk perkebunan dan juga peternakan. Komoditas utama yang dihasilkan dari Pengalengan adalah susu sapi, kentang, serta teh.

Oleh karenanya, Crowde sebagai platform Peer to Peer (P2P) Lending untuk permodalan petani menjadikan Pengalengan sebagai salah satu tempat tujuan utama penyaluran dana para investornya.

Pada tanggal 17 Agustus 2018 lalu, Crowde mengadakan sebuah kegiatan mengunjungi ladang petani di Pengalengan dengan mengajak para investor untuk juga bertemu dengan para petani secara langsung. Tujuannya agar para investor dapat melihat kegiatan petani yang selama ini mereka modali.

Selain mengunjungi ladang, para investor diajak untuk ikut praktik bertani agar mereka mengetahui lebih lanjut dana permodalan digunakan untuk kebutuhan apa saja. Hambatan apa yang mungkin terjadi di lapangan. Juga disertakan pameran hasil tani dari para petani setempat. Untuk menunjukkan hasil usaha tani yang mereka modali selama ini.

“Kegiatan Agrowisata ini dilakukan sebagai bentuk transparansi aktivitas permodalan yang dijalankan oleh CROWDE. Investor dapat mengetahui segala hal yang terjadi di lapangan”, ungkap Yohanes Sugihtononugroho, Founder & CEO CROWDE.

Tak lupa juga, di sana terdapat sebuah diskusi terbuka antara para petani dan investor. Mereka dapat bertukar pertanyaan dan pendapat seputar pertanian di Indonesia. Permasalahan meliputi permodalan, serta bagaimana penjualan hasil tani. Agar melahirkan sebuah solusi bukan hanya baik untuk kedua belah pihak saja, melainkan juga untuk pertanian Indonesia secara keseluruhan.

Dengan peran menjadi penengah, CROWDE memiliki visi untuk memajukan kesejahteraan petani di Indonesia. CROWDE menjadi pihak yang berani untuk mempelopori perubahan di sisi pertanian tanah air.

“Tekad kami bisa membantu hingga 100 ribu petani dengan nilai penyaluran modal mencapai Rp 100 miliar”, tambahnya. Karena itu, CROWDE mengajak para investor untuk terus ikut serta membantu meningkatkan kesejahteraan petani. Tua – muda, pria – wanita, semuanya bisa bersama-sama melambaikan tangan untuk harapan Indonesia yang lebih baik.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *