Cokelat Tetap Jaga Kesehatan Jantung
Obat Herbal

Cokelat Tetap Jaga Kesehatan Jantung

Ingin jantung tetap sehat? Konsumsi rutin cokelat. Menurut studi teranyar, konsumsi coklat secara teratur dapat dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan gangguan irama jantung (artrial fibrilation). Hasil penelitian itu yang dipublikasikan secara online di jurnal Heart dan dikutip disitus online sciencedaily.com (22/5/2017).

Dalam studi itu, peneliti melibatkan 55.502 (26.400 pria dan 29.100 wanita) peserta, berusia antara 50 dan 64 tahun.

Peserta memberikan informasi tentang konsumsi coklat mingguan biasa mereka, dengan satu porsi tergolong 1 ons (30 g). Tapi mereka tidak diminta menentukan jenis coklat yang mereka makan. Kebanyakan cokelat yang dimakan di Denmark, bagaimanapun, adalah coklat susu (minimum 30 persen padatan kakao).

Kemudian peneliti juga menggali informasi tentang faktor risiko penyakit jantung, diet, dan gaya hidup, yang dijalani peserta diperoleh saat peserta direkrut untuk penelitian ini. Kesehatan mereka kemudian dilacak menggunakan data registri nasional mengenai episode perawatan di rumah sakit dan kematian. Mereka mengonsumsi cokelat yang lebih tinggi cenderung lebih berpendidikan daripada yang ada di ujung bawah skala.

Selama periode pemantauan, yang rata-rata 13,5 tahun, 3346 kasus baru atrial fibrillation. Setelah memperhitungkan faktor lain yang terkait dengan penyakit jantung, tingkat fibrilasi atrium yang baru didiagnosis adalah 10 persen lebih rendah untuk 1-3 porsi coklat dalam sebulan dibandingkan dengan kurang dari 1 porsi sebulan.

Perbedaan ini juga terlihat pada tingkat konsumsi lainnya: 17% lebih rendah untuk 1 porsi mingguan; 20 persen lebih rendah untuk 2-6 porsi mingguan; Dan 14 persen lebih rendah untuk 1 porsi harian atau lebih.

Ketika data dianalisis berdasarkan jenis kelamin, kejadian fibrilasi atrium lebih rendah di antara wanita daripada di antara laki-laki terlepas dari asupan, namun hubungan antara asupan coklat yang lebih tinggi dan risiko flockter jantung yang lebih rendah tetap ada bahkan setelah memperhitungkan faktor-faktor yang berpotensi berpengaruh.

Asosiasi terkuat untuk wanita tampaknya menjadi 1 porsi mingguan coklat (21 persen lebih rendah risikonya), sedangkan untuk pria, itu adalah 2 sampai 6 porsi mingguan (23 persen lebih rendah risikonya).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *