Cegah Kanker Dengan Rutin Berolahraga
Fit

Cegah Kanker Dengan Rutin Berolahraga

Ingin terbebas dari risiko kanker perut? Profesor Kathleen Wolin, menganjurkan untuk berolahraga rutin.  Penelitian yang dimuat dalam British Jorunal of Cancer, belum lama berselang, memperlihatkan bahwa orang yang jarang berolahraga berisiko terkena kanker perut yang muncul dari adanya polip di saluran cerna.

Polip adalah benjolan yang sebenarnya tidak ganas. Namun ia dapat berubah jadi tumor ganas beberapa tahun kemudian, jika ada faktor pemicunya, seperti merokok, dan makanan berlemak, stres.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang rutin berolahraga, minimal 30 menit per hari, memiliki 16% terkena polip di perut. Sedangkan yang tak rajin berolahraga memiliki peluang 35%. Hasil riset didapat setelah  Wolin, salah seorang penulis riset, menganalisa 20 studi soal olahraga dan pembesaran polip.

Wolin mengatakan bahwa banyak peradangan di usus lebih sering terjadi pada mereka yang jarang berolahraga. Peradangan tadi berkaitan dengan kanker perut. “Orang yang berolahraga di tempat terbuka terbukti efektif mencegah risiko itu, karena paparan vitamin D pada pagi hari,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *