Brokoli Bisa Atasi Penyakit Kulit Genetik
Obat Herbal

Brokoli Bisa Atasi Penyakit Kulit Genetik

Makin banyak manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi brokoli. Selain mencegah penyakit kanker, brokoli bisa juga mengatasi penyakit kulit. Dokter Pierre A. Coulombs, peneliti dari John Hopkins University School of Medicine, Baltimore Amerika Serikat, menyebutkan , brokoli bisa diandalkan untuk mengobati penyakit epidermolysis bullosa.

Epidermolysis adalah penyakit kelainan genetik yang mengakibatkan kulit gampang rapuh dan melepuh hanya karena kecelakaan kecil saja. Lepuhan biasanya di tangan dan tangan. Dalam keadaan parah, dapat menimbulkan dehidrasi, infeksi yang mengancam nyawa anak-anak.

Coulombe telah mengujicobanya pada mencit. Mencit-mencit terlebih dulu dirusak sel-sel kulit hingga terkena penyakit tersebut. Lalu ekstrak brokoli yang mengandung sulforafan itu disuntikkan ke mencit. Hasilnya, produksi sel-sel kulit yang menghasilkan kulit-kulit yang mudah melepuh berkurang.

Seperti dilansir reuters.com, belum lama berselang, Coulombe mengatakan bahwa dalam kasus epidermolysis, terjadi mutasi gen yang mengkode protein keratin 5 dan keratin 14. Kedua protein ini pada dalam keadaan normal membikin sel-sel kulit. Karena terjadi mutasi, sel-sel kulit yang dihasilkan mengalami kelainan. “Nah sulforafan berperan mencegah pelepuhan kulit yang berkaitan mutasi K14 pada penyakit itu,” katanya.

Tentu saja ini bakal memberikan harapan baru. Sebab selama ini, menurut Coulombe, epidemolysis tak bisa disembuhkan. Pengobatan yang diberikan hanya mengatasi gejala saja dengan tidak keberhailan yang terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *