BPOM Cina Ijinkan Vaksin Meningitis Buatan Pfizer

Vaksin Meningitis Buatan Pfizer
Vaksin Meningitis Buatan Pfizer

Badan Pengawas Obat dan Makanan Cina memberikan lampu hijau kepada Pfizer untuk memasarkan vaksin pneumokokus di Cina yang bermerk Prevenar 13. Vaksin tersebut diperuntukkan untuk bayi dan anak-anak – berusia antara 6 pekan dan 15 bulan.

Prevenar digunakan sebagai vaksin untuk bayi guna membantu mencegah penyakit pneumokokus. Pneumokokus adalah bakteri yang dapat menyebabkan penyakit seperti pneumonia, meningitis dan sepsis.

Kabar tersebut diterima pabrik obat yang berpusat di Amerika Serikat. “Kami memuji upaya Badan Pengawas Obat dan Makanan Cina dan instansi pemerintah Cina untuk membawa obat-obat dan vaksin ke dalam sistem kesehatan Cina,” kata Wu Xiaobin, Presiden Direktur Pfizer Cina seperti dilaporkan situs reuters.com, beberapa waktu silam.

Ijin baru yang dikeluarkan pemerintah negeri Tirai Bambu tersebut terasa menyejukkan lantaran pemerintah Cina tidak memperpanjang lisensi Prevenar versi lama pada tahun lalu. Sebelumnya, penjualan Prevenar di sana, tumbuh pesat. Pfizer memang berharap banyak dari Cina karena merupakan pasar obat kedua terbesar di dunia di bawah Amerika Serikat.

Namun ijin tersebut tidak serta-merta membuat Pfizer mempercepat prroduksi vaksin tadi. Jurubicara Pfizer Pusat Trupti Wagh, mengatakan tidak ada tanggal pasti peluncurannya.

Produk Prevenar, yang meliputi Prevenar 13, merupakan salah satu produk yang ikut mendongkrak Pfizer. Pada tahun lalu, perolehannya mencapai US$ 6,2 milyar atau sekitar Rp 83,7 trilyun untuk kurs dolar sekarang. Jumlah tersebut naik 40 persen dibandingkan dengan laba tahun 2014.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*