Bersepeda Cegah Diabetes
Fit

Bersepeda Cegah Diabetes

Untuk sehat dan terhindar dari penyakit, berlahraga jalan cepat dan bersepeda sangat dianjurkan. Kedua aktivitas berkeringat ini sudah terbukti mencegah diabetes. Syaratnya jika dilakukan 2,5 jam per pekan.

Hasil penelitian yang dilakukan periset Universitas Cambridge, Inggris, membuktikannya. Mereka menganalisis data dari 23 studi yang pernah dilakukan di Amerika Serikat, Asia, Australia, dan Eropa. Penelitian ini tidak memasukkan faktor diet dan aktivitas, melainkan membandingkan responden yang aktif dan tidak saja.

Dari hasil analisa tadi, dijumpai bahwa aktivitas fisik seperti berjalan cepat dan bersepeda bisa mengurangi risiko diabetes. “Hasil penelitian kami menunjukkan potensi besar untuk kegiatan fisik untuk memperlambat atau membalikkan peningkatan global pada diabetes tipe 2,” kata Andrea Smit, ketua tim peneliti. Hasil studinya dimuat di Jurnal Diabetelogia, Oktober ini.

Prevalensi diabetes tipe 2 berkembang pesat belakangan ini. Ini karena meningkatnya tingkat obesitas dan diperkirakan mencapai hampir 600 juta kasus di seluruh dunia pada 2035. Obesitas muncul akibat kurang gerak.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa aktivitas fisik yang baik, tetapi lebih banyak lebih baik,” kata Dr Soren Brage, salah satu peneliti dari Unit Epidemiologi Medical Research Council, Universitas Cambridge.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *