Bahaya Mengancam Bila Makan Ikan Mentah atau Setengah Matang

Anda tergolong penyuka ikan laut, seperti sushi? Berhati-hatilah, jika mengonsumsinya mentah-mentah atau setengah matang. Menurut laporan yang dimuat situs medicalnewstoday.com, banyak kuman yang mengendap di makanan itu dan siap menebar penyakit.

Ini karena adanya seorang dokter yang mengaku merawat pria 32 tahun yang menderita usus besar yang cukup parah. Pasien itu muntah-muntah dan demam berminggu-minggu. Setelah diperiksa darahnya, ada pembengkakan ringan, dan di daerah di bawah tulang rusuknya.

Setelah ditanya dokter, pria tadi mengaku barusa aja makan sushi. Dokter menduga dia mungkin menderita anisakiasis. Anisakiasis disebabkan oleh makan ikan/seafood mentah atau dimasak secara kurang matang yang terinfeksi parasit nematoda dari spesies Anisakis.

Dokter lalu memeriksa usus denga pemindai endoskopi – sebuah alat pemindai yang memiliki kamera yang dimasukkan ke dalam perut. Hasilnya, larva parasit mirip cacing yang terpasang kuat pada area lapisan usus yang membengkak dan meradang. Setelah larva diangkat dengan jaring khusus, gejala yang dikeluhkan hilang. Analisis laboratorium menunjukkan bahwa larva tersebut termasuk dalam spesies Anisakis.

Sebagian besar kasus yang dilaporkan sampai saat ini telah terjadi di Jepang, di mana diet ikan mentah sangat umum dilakukan oleh penulis. Kebiasaan makan ikan mentah belakangan juga populer di Jepang.

Jadi jika ada gejala tersebut dan ada pengakuan dari pasien memakan ikan, kemungkinan terinfeksi parasit.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *