Kreatif

Apa Kata Mentor dan Peserta Kegiatan Kreatif Kopi Kapal Api?

Kegiatan kreatif Kopi Kapal Api usai dilaksanakan di enam Kota. Apa saja komentar mereka?

Mentor program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu di Semarang yaitu Deasy Esterina, founder Kreskros, bilang, walaupun tinggal di Semarang namun merekamemiliki keinginan kuat untuk belajar menjadi sociopreneur dan bersemangat menempuh perjalanan cukup panjang – kira-kira 30 kilometer untuk mencapai lokasi pelatihan Kreskros di kota Ambarawa.

Meskipun memiliki latar belakang ide konsep wirausaha sosial yang berbeda satu sama lain, mereka memiliki kesempatan yang sama untuk berinteraksi secara langsung dengan komunitas yang membantu produksi Kreskros – yang mengeksplorasi cara menangani sampah plastik menjadi bahan yang layak pakai,” kata Dessy.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa para peserta yang dimentorinya diminta melakukan pelatihan pengolahan limbah bekas menjadi produk bernilai jual tinggi pada warga sebagai salah satu tugas dalam kegiatanapprenticeship.

Di sini mereka belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik dan mengerti bahwa penerapan di lapangan kadang tidak sesuai dengan rencana, maka dibutuhkan improvisasi dan adaptasi cepat demi kelancaran dan mencapai tujuan suatu kegiatan,” ucap Deasy Esterina.

Begitupun dengan Denica Flesch, founder SukkhaCitta sekaligus mentor program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu asal Jakarta merasa bangga dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan setiap peserta dari hari pertama hingga akhir.

Kami memulai SukkhaCitta tanpa ada bimbingan mentor, kami berharap para peserta dapat belajar dari proses trial dan error yang pernah kami alami sehingga mereka dapat lebih kuat membangun pondasi wirausaha sosialnya. Potensi dari program apprenticeship ini sangat bagus untuk memperkenalkan jiwa sociopreneurship pada anak muda agar mereka memiliki pengetahuan yang benar bahwa untuk membangun wirausaha sosial tidak hanya mengikuti tren namun juga harus memiliki tujuan untuk menyelesaikan masalah.” jelasnya.

Manfaat program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu juga dirasakan oleh para peserta apprenticeship. “Selama progam ini, saya banyak belajar mengenai sociopreneurship dimana kita harus mengetahui alasan kenapa kita ingin membangun wirausaha sosial dan berbeda dengan program sejenis, di Apprenticeship ini mentor benar-benar mendampingi dan sangat terbuka terhadap informasi mengenai sociopreneurship, jadi kami mendapatkan ilmu berharga dari pakarnya, ungkap Esty Dyah Imaniar, salah satu peserta apprenticeship di SukkhaCitta, Jakarta.

Kami sangat senang melihat antusiasme anak muda yang tinggi untuk melakukan sesuatu demi menjawab permasalahan lingkungan sekitarnya. Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu akan menjadi wadah tidak hanya bagi antusiasme anak muda namun juga sebagai wadah bagi anak muda agar dapat memperdalam dan mengembangkan kapasitas pengetahuan, akses pada berbagai sumber daya dan jejaring, serta dukungan dari ekosistem sosial yang diharapkan dapat menunjang pengembangan produk dan jasa yang dibuat,” tutup Johnway peserta kegiatan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *