Antibodi Sapi Bisa Dipakai Sebagai Vaksin AIDS

Sapi ternyata memiliki antibodi yang luar biasa. Menurut Devin Sok, Direktur, Penemuan Antibodi dan Pengembangan di Inisiatif Vaksin AIDS Internasional, antibodi sapi bisa digunakan sebagai vaksin AIDS (acquired immune deficieny syndrome). Itu tertuang dalam studinya yang dimuat dalam Jurnal Nature.

Percobaan ini menunjukkan bahwa tidak hanya memungkinkan menghasilkan antibodi ini pada hewan, namun kami dapat melakukannya dengan andal, cepat, dan menggunakan strategi imunisasi yang relatif sederhana bila diberikan dalam keadaan yang tepat,” ujarnya dalam situs medicalnewstoday.com (21/7/2017).

Menurutnya, adanya antibodi HIV yang kuat pada sapi yang bisa bertahan berminggu-minggu. Ujicoba dilakukan pada empat sapi. Mereka diimunisasi dengan BG505 SOSIP memunculkan antibodi bnAbs terhadap HIV dalam waktu 35-52 hari. Ini mengejutkan karena manusia membutuhkan waktu berahun-tahun untuk mengembangkan antibodi yang menghasilkan hanya 5-15%. Sapi menjadi tidak bisa terinfeksi HIV.

Tidak ada keraguan bahwa kemampuan sapi untuk menghasilkan bNAbs melawan patogen yang rumit seperti HIV dalam hitungan minggu, menyoroti signifikansi yang lebih luas lagi, terutama untuk patogen yang muncul.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *